Rakit Keselamatan Tiup di Atas Kapal

Rakit Keselamatan Tiup di Atas Kapal

Rakit Keselamatan Tiup di Atas Kapal – Membahas mengenai rakit keselamatan tiup mungkin sudah tidak asing untuk anda. Alat keselamatan yang satu ini sangat mudah ditemui di atas kapal. Hampir di setiap kapal pasti menyediakan rakit keselamatan satu ini.

Sebuah kapal sekarang ini memang diwajibkan untuk menyediakan alat keselamatan bagi para penumpangnya. Jangan sampai terjadi jatuhnya korban jiwa ketika terjadi masalah di atas kapal. Meminilakan jatuhnya korban jiwa inilah yang menjadi perhatian khusus ketika berada di atas kapal.

Ulasan kali ini akan sedikit membahas mengenai rakit keselamatan tiup. Sebelum membahas tipe tiupnya, perlu anda tahu bahwa rakit keselamatan dibagi menjadi dua. Tipe kaku dan tipe tiupnya. Kedua alat keselamatan ini paling sering ditemukan ketika anda menggunakan alat transportasi kapal.

Setelah rakit keselamatan menjadi barang yang wajib ada di atas kapal maka semakin banyak yang menyediakan rakit keselamatan dengan berbagai bentuk yang berbeda – beda. Namun pada dasarnya rakit tersebut mempunyai fungsi yang sama. Rakit keselamatan ini digunakan untuk menyelamatkan penumpang ketika kapal yang dinaiki mengalami masalah. Karena kegunaannya yang sangat penting sehingga membuat setiap kapal mulai menyediakan alat keselamatan ini.

Rakit keselamatan mempunyai ukuran yang kecil sehingga memungkinkan untuk dibawa di atas kapal. Walaupun kecil namun rakit keselamatan ini didesain agar bisa menampung penumpang hingga 25 orang. Selain itu di dalam rakit keselamatan ini juga disediakan fasilitas baik minuman, makanan, dan juga ada obat – obatan.

Rakit keselamatan yang paling banyak digunakan adalah tipe tiup. Tipe tiup ini dikenal dengan nama Inflatable Liferaft. Kapan rakit ini digunakan? Rakit ini biasanya digunakan ketika sekoci kaku tidak bisa dipakai atau tidak bisa diturunkan dari atas kapal. Memilih rakit tipe tiup ini memudahkan penggunanya untuk menggunakannya.

Rakit penolong tiup ini dioperasikan lebih mudah. Caranya adalah dengan menarik tali pembuka yang sudah disediakan. Dengan sekali tarik tali saja maka secara otomatis rakit yang mengembang dan terbentuk seperti rakit. Nantinya rakit ini bisa digunakan untuk menyelamatkan penumpang atas kapal yang jatuh ke laut.

Ukuran rakit tiup dengan sekoci kaku pada dasarnya sama. Mudah dibawa di atas kapal dan kapasitasnya yang besar mampu digunakan menampung banyak orang. Melakui rakit keselamatan inilah penumpang akan lebih mudah diselamatkan. Berada di atas rakit keselamatan sambil menunggu bantuan datang.

Warna dari rakit keselamatan biasanya mencolok. Warna yang paling sering digunakan adalah warna jingga. Warna ini yang paling mudah dilihat dari jarak yang paling jauh. Warna mencolok memudahkan orang untuk menemukan penumpang yang membutuhkan bantuan. Menyediakan rakit keselamatan kini harus diperhatikan semua pihak yang terkait. Menyelamatkan penumpang ketika ada kejadian tidak diinginkan menjadi hal yang penting.

Bagaimana bisa rakit keselamatan mengembang? Biasanya rakit ini membutuhkan gas CO2 yang ada di sebuah tabung. Tabung ini nantinya akan terbuka secara otomatis dan mengisi rakit penolong ketika dilemparkan ke dalam air. Mudahnya menggunakan rakit keselamatan tiup ini menjadi keuntungan para penggunanya.

Sebuah kapal biasanya tidak hanya menyediakan rakit kapal saja melainkan juga menyediakan beberapa alat keselamatan lainnya. Alat keselamatan orang yang ada di atas kapal biasanya berupa rakit keselamatan, jaket penolong, dan juga pelampung penolong. Menyediakan beberapa alat keselamatan ini mampu menjadi cara terbaik menolong penumpang yang jatuh di atas laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!