Keselamatan yang Wajib Ada di Atas Kapal

8 Perlengkapan Keselamatan yang Wajib Ada di Atas Kapal

Saat terjadi kecelakaan di atas kapal, sebenarnya terdapat banyak alat keselamatan yang bisa digunakan. Beberapa alat keselamatan tersebut memang sudah disediakan sebagai alat keselamatan yang wajib ada. Dengan begitu, adanya alat keselamatan tersebut dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan ataupun korban jiwa yang tidak diingkan. Di bawah ini beberapa perlengkapan keselamatan tersebut.

Berbagai Perlengkapan Keselamatan di Atas Kapal
Di bawah ini adalah beberapa jenis perlengkapan keselamatan yang wajib ada dan wajib dimiliki oleh setiap kapal beserta fungsinya yang bisa Anda ketahui:

  1. Infatable liferaft
    Ini merupakan perlengkapan keselamatan di atas kapal yang berupa rakit penolong. Anda yang sudah pernah naik ke atas kapal tentu pernah melihat perlengkapan ini di bagian belakang, kanan, dan kiri kapal. Benda tersebutlah yang memiliki peran penting saat terjadi kondisi darurat. Yang mana rakit penolong tersebut dapat digunakan secara otomatis saat ditekan untuk bisa mengembang saat jatuh ke atas air hingga siap untuk digunakan.
  2. Life jacket
    Perlengkapan yang satu ini umumnya tersedia hampir di setiap ruangan kapal. Terlebih di dalam sebuah kapal yang memuat penumpang wajib menyediakan perlengkapan ini beserta mempraktekkan cara menggunakannya saat kapal sudah berlayar. Di dinding-dinding kapal pun sudah tertera bagaimana cara menggunakan alat tersebut.
  3. Lifebuoy
    Ini merupakan salah satu nama alat keselamatan yang digunakan di atas air untuk mencegah korban terseret air dan mencegah korban tenggelam. Alat ini sendiri sudah dilengkapi dengan holmes light sebagai pencahayaan serta tali khusus sebagai pengamannya. Dengan begitu, menggunakan alat ini dapat menolong seseorang yang jatuh ke dalam air atau laut dengan lebih mudah.
  4. Rescue boat
    Berupa perahu penyelamat yang digunakan untuk menyelamatkan korban saat mereka terjatuh menuju air dari atas kapal. Perlengkapan keselamatan ini sendiri memang memiliki bentuk yang kecil akan tetapi memiliki gerakan yang lincah dan cepat. Tak heran jika alat ini sangat diandalkan untuk menyelamatkan korban yang sudah jatuh ke dalam air atau laut.
  5. Immersion suit
    Menyerupai sebuah kostum yang digunakan untuk mencegah penggunanya mengalami kehilangan panas tubuh atau yang lebih dikenal dengan sebutan hypothermia. Umumnya hypothermia tersebut terjadi akibat tubuh yang terombang-ambil di tengah dinginnya lautan akibat terlalu lama mendapatkan pertolongan.
  6. Pyrotechnics
    Umumnya alat ini disebut dengan kembang api pasalnya dapat menarik perhatian secara visual kepada orang disekitarnya. Hal tersebut dilakukan dengan cara memancarkan cahaya hingga asap dengan begitu tim penyelamat dapat menemukan lokasinya dengan lebih cepat untuk memberikan pertolongan.
  7. EPIRB
    Adalah alat yang umumnya berada di atas anjungan kapal. Alat ini bereaksi saat kapal tenggelam yang kemudian terlepas secara otomatis kemudian mengembang di permukaan air. Alat ini nantinya akan memancarkan suatu sinyal yang bisa ditangkap oleh satelit INMARST yang kemudian sinyal tersebut bisa diteruskan menuju stasiun pantai untuk mengetahui posisi kapal yang perlu diselamatkan.
  8. Radar transponder
    Mirip seperti alat yang sebelumnya, alat yang bernama radar transponder ini merupakan alat yang dipasang pada daerah lifearf. Nantinya alat tersebut juga memancarkan sinyal hanya saja sinyal yang dipancarkan oleh radar transponder dapat ditangkap oleh radar kapal-kapal yang ada disekitarnya. Hal ini berarti kapal yang menangkap sinyal tersebut bisa langsung memberikan pertolongan yang diperlukan.
    Itulah beberapa perlengkapan keselamatan yang wajib ada dalam sebuah kapal. Tentu saja masih ada banyak alat keselamatan lainnya yang digunakan untuk berbagai kebutuhan pertolongan saat terjadi hal-hal yang diinginkan dari penumpang kapal tersebut.