Kapal yang Terdapat di Indonesia

Mengenal Jenis-Jenis Kapal yang Terdapat di Indonesia

Kapal atau perahu merupakan sebuah alat transportasi yang banyak digunakan di Indonesia. Kapal dijadikan sebagai alat transportasi yang digunakan untuk mengangkut orang dan barang antar pulau bahkan antar negara. Ada berbagai macam jenis kapal yang ada di Indonesia, yaitu :

   1. Kapal tanker

Kapal tanker merupakan sebuah kapal yang tidak diperuntukan untuk mengangkut manusia.       Kapal ini digunakan untuk mengangkut berbagai cairan dalam jumlah yang besar, misalnya saja minyak, gas alam, bahan kimia, dan lainnya. Kapal ini di desain dengan sangat modern dan dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas untuk keselamatan para awak kapal.

   2. Kapak Roro

Kapal Roro merupakan sebuah kapal yang digunakan untuk membawa barang cargo. Kapal ini digunakan untuk mengangkut kendaraan, truk, trailer, dan lainnya. Kapal ini menggunakan derek untuk proses memuat dan membongkar muatan pada kapal. Kapal Roro dilengkapi dengan built-in yang membuat cargo tidak akan berubah-ubah posisi atau terguling ketika berada di dalam kapal.

   3. Kapal feri

Kapal feri merupakan alat transportasi yang digunakana untuk membawa penumpang dan juga barang untuk menyeberangkan antar pulau. Kapal ini biasanya juga digunakan untuk mengangkut barang, kendaraan, bahkan gerbong kereta sekalipun.

   4. Kapal persiar

Kapal persiar menjadi salah satu jenis kapal yang diperuntukan untuk penumpang. Kapal ini digunakan untuk tujuan pelayaran kesenangan dan pada perjalanan tersebut dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang sangat mewah. Kapal persiar ini beroperasi di rute yang sama saat penumpang itu berasal. Ada juga beberapa kapal pesiar yang melayani perjalanan jauh selama berbulan-bulan.

   5. Kapal kargo kontainer

Jenis kapal kargo kontainer ini digunakan untuk membawa berbagai barang dengan beban yang berat. Kapal ini membawa beban di dalam truk yang berukuran kontainer intermodal yang disebut Containerization.

   6. Tongkang

Tongkang adalah jenis perahu yang berbentuk datar. Kapal ini digunakan sebagai transportasi air di sungai dan juga kanal yang mana mengangkut barang-barang berat. Ada beberapa perahu tongkang tidak bisa beroperasi sendiri akan tetapi harus ditarik dengan towboats.

   7. Hopper Tongkang

   Hopper tongkang merupakan jenis kapal non-mekanik. Kapal ini tidak dapat bergerak dengan sendirinya seperti jenis kapal Tongkang yang lainnya. Kapal ini dirancang secara khusus untuk membawa berbagai macam bahan-bahan material misalnya pasir, tanah, batu dan sampai yang akan dibuang ke lait maupun ke sungai dengan tujuan untuk reklamasi tanah.

   8. Kapal angkat berat

Kapal angkat berat merupakan jenis kapal yang khusus dirancang untuk memindahkan beban yang tidak bisa dilakukan oleh kapal lain. Ada dua jenis kapal berat yaitu semi-submersible yang digunakan untuk mengangkat kapal lain untuk bisa keluar dari air dan jenis kapal yang digunakan untuk menambahkan fasilitas bongkar pada pelabuhan.

   9. Kapal selam

Kapal selam adalah jenis kapal yang digunakan oleh para TNI Angkatan Laut untuk bisa berpatroli di bawah laut. Dengan kapal selam ini, pengemudinya bisa masuk ke dalam laut yang dalam.

   10. Kapal pemadam kebakaran

Kapal pemadam kebakaran adalah jenis kapal yang digunakan khusus untuk memadamkan kebakaran yang terjadi pada kapal. Kapal ini sudah dilengkapi dengan pompa dan juga nosel yang mana dirancang secara khurus untuk menanggulangi kebakaran pada kapal. Selain berbagai macam kapal di atas, masih ada banyak sekali berbagai macam kapal yang sering digunakan di Indonesia. Yang jelas keberadaan kapal-kapal tersebut sangat membantu melancarkan transportasi laut.